Jumat, 18 Juli 2014

BACKUP dan RESTORE pada Oracle dan SQL

Backup dapat diartikan sebagai proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.
Restore dan recovery adalah proses penting setelah backup. Backup akan menjadi sia-sia bila proses pengembalian dan perbaikan data sistem sulit dilakukan. Untuk mencapai tujuan ini ada beberapa pendekatan yang harus diperhatikan, yaitu proses backup harus dilakukan dengan aturan yang jelas, hindari membackup dengan sembarangan dengan tidak terstruktur. Selain itu, banyak software yang ada di pasaran (baik gratis maupun berbayar) yang memberikan kemudahan backup data. Dengan software yang sama biasanya proses restore dan recovery data akan lebih mudah dilakukan. Beberapa software backup memiliki fasilitas penjadwalan otomatis proses backup. Fitur ini sangat bermanfaat untuk digunakan karena menjamin proses backup selalu dilakukan dengan teratur.




Percobaan 
Implementasinya pada SQL dan Oracle

Untuk melihat Implementasinya silakan masuk diLink dibawah ini ....

https://e.edim.co/37409019/laporan_prak_bdl_delvia_firman_fitri_5.pdf?Expires=1405702390&Signature=GXIJS5VYaHSwIFfzT~0HWvHkfFmP1BZM9cfl-IBGukib9oHcKjTElyYi91jsaqJLMnafQJn4gkwjpootATwQk4DfVxku8DwoqRbdATYmapzIRMsEuYqIY7gbGNV~kZeIO3lzzxm0GLbsHiV4Y~bpHQ3kMjvSxs~aWiJuZGuvfZk_&Key-Pair-Id=APKAJI74L7OXO7CNJA7Q

1 komentar: