Jumat, 18 Juli 2014

Analisa Database pada Tour & Travel

A. Kebutuhan User 
Kebutuhan User dalam Tour & Travel

• User melihat data paket yang ditawarkan Tour & Travel
• User melihat reservasi yang didapat sesuai paket yang dipilih
• User dapat melihat reservasi yang ditawarkan
• User membutuhkan kemudahan dalam transaksi pembayaran

B. EERD pada Tour & Travel 




C. Planing Active database : 

 PROSEDUR 
Rencana Prosedur dalam Tour & Travel 

• Mengupdate data reservasi 
Input : Alamat_Reservasi, Id_Reservasi, Jenis_Reservasi, Nama_Reservasi, 
No.Telpon 
Proses : Melihat data reservasi yang ada 
Output : Data reservasi yang telah diperbarui 

• Mengupdate data paket yang telah diinpute 
Input : Id_Paket, Id_Reservasi, Nama_Paket, Harga 
Proses : Melihat data paket tour & travel 
Output : Data paket yang telah diperbarui 

 • Menginput data reservasi yang telah diupdate 
Input : Alamat_Reservasi, Id_Reservasi, Jenis_Reservasi, Nama_Reservasi, 
No.Telpon 
Proses : Memasukan data reservasi yang baru 
Output : Menampilkan data reservasi yang telah diperbarui 

• Menginput data admin 
Input : No_Telpon, Nama_Admin, Alamat_Admin, Id_Admin 
Proses : Memasukan data admin yang baru 
Output : Menampilkan data admin yang baru 

• Menginput user baru 
Input : Id_User, Nama_User, No_Telpon 
Proses : Memasukan data user baru 
Output : Menampilkan data user baru yang telah diinputkan 

• Menginput data paket yang baru 
Input : Id_Paket, Id_Reservasi, Nama_Paket, Harga 
Proses : Memasukan data paket baru 
Output : Menampilkan data paket baru yang telah diinputkan 

• Menghapus data user 
Input : Id_User, Nama_User, No_Telpon 
Proses : Menghapus data user yang lama 
Output : Menampilkan data user baru yang telah diperbarui 

• Menghapus data admin 
Input : No_Telpon, Nama_Admin, Alamat_Admin, Id_Admin 
Proses : Menghapus data admin yang lama dan diperbarui 
Output : Menampilkan data admin yang telah diperbarui 

 
 FUNCTION 
Rencana Function dalam Tour & Travel 
 
• Input : data user 
Proses : Melakukan pengecekan data user 
Output : Menampilkan data user 
 • Input : data admin
Proses : Melakukan pengecekan data admin
Output : Menampilkan data admin 
 
• Input : data reservasi 
Proses : Melakukan pengecekan data reservasi 
Output : Menampilkan data reservasi 
 
• Input : data paket 
Proses : Melakukan pengecekan data paket 
Ouput : Menampilkan data paket 
 
 TRIGER 
Rencana Triger dalam Tour & Travel 
 
• User 
Input : Kd_user 
Jika proses input terjadi pada table user, maka Kd_user yang telah diupdate akan 
terupdate 
Output : di table history akan muncul keterangan data yang diupdate 
 
• Admin 
Input : Kd_admin 
Jika proses input terjadi pada table admin, maka Kd_admin yang telah diupdate 
akan terupdate 
Output : di table history akan muncul keterangan data yang diupdate 
 
• Paket 
Input : Kd_paket 
Jika proses input terjadi pada table paket, maka Kd_paket yang telah diupdate 
akan terupdate 
Output : di table history akan muncul keterangan data yang diupdate 
 
• Reservasi 
Input : Kd_reservasi 
Jika proses input terjadi pada table reservasi, maka Kd_reservasi yang telah 
diupdate akan terupdate 
Output : di table history akan muncul keterangan data yang diupdate

 • Admin 
Input : Kd_admin 
Jika proses penghapusan data terjadi pada table reservasi, maka akan terupdate 
Kd_reservasi yang ada dihistory 
Output : di table history akan muncul keterangan data yang diupdate 
 
• Pembayaran 
Input : Kd_pembayaran 
Jika proses update terjadi pada table pembayaran, maka Kd_pembayaran yang 
telah diupdate akan terupdate 
Output : di table history akan muncul keterangan data yang diupdate 
 
• Reservasi 
Input : Kd_reservasi 
Jika proses update terjadi pada table reservasi, maka Kd_reservasi yang telah 
diupdate akan terupdate 
Output : di table history akan muncul keterangan data yang diupdate


 
D. Planing View dan Join : 
 
PLANING VIEW DAN JOIN PADA TOUR & TRAVEL 
 
  •  View User 
Input: Tabel User (id user, nama_user, notelp_user, alamat_user) 
Proses: Dengan menggunakan inner join, diambil dua field dari tabel User yaitu id user 
dan nama_user dan di simpan di dalam view dengan nama view user 
Output: menampilkan id user dan nama user dengan memanggil view user 


  • View Paket 

*Input: Tabel Paket (id paket, id_reservasi, nama_paket, harga) 
Tabel User (id user, id_paket, nama_user, notelp_user, alamat_user) 
*Proses: Dengan menggunakan left join untuk menggabungkan tabel user dengan tabel paket dengan acuan di tabel user dan disimpan di dalam view dengan nama view paket 
*Output: menampilkan gabungan dari tabel user dan tabel paket yang berisikan id user, id_paket,nama_user, notelp_user, alamat_user, id paket, id_reservasi, nama_paket, harga 



  • View Reservasi 

Input: Tabel Tour (id reservasi, id tour, nama_reservasi, jenis_reservasi, tujuan_wisata) 
Tabel Hotel ( id reservasi, id hotel, nama_reservasi, jenis_reservasi, fasilitas, 
nama_hotel, notelp_hotel, alamat_hotel) 
Tabel Resto (id reservasi, id resto, nama_resservasi, jenis_reservasi, nama_resto, 
menu, alamat_resto, notelp_resto) 
Tabel Transportasi (id reservasi, id transportasi, mode transportasi, tujuan ) 

Proses: Dengan menggunakan full join untuk menggabungkan tabel tour, tabel hotel dan tabel resto. Gabungan ketiga tabel tersebut seluruhnya akan ditampikan dan di simpan di dalam view dengan nama view reservasi 

Output: Menampilkan gabungan dari tabel tour, tabel hotel tabel resto, dan table 
tranportasi. 

#Planning join 
Menggunakan metode Inner Join 
  • JOIN PAKET 

 Tabel Paket : ( Id. Paket, Id. Reservasi, Nama Paket, Harga ) 
 Tabel Reservasi : ( Alamat Reservasi, Id. Reservasi, Jenis Reservasi, Nama 
Reservasi, No. Telp )

Field yang dijadikan acuan yang sama adalah kd_Reservasi sebagai foreign key pada table Paket 
Hasil dari join_Paket


Fungsi dan kebutuhan : sebagai perbandingan paket yang ditawarkan 

  • JOIN ADMIN 
Tabel Admin : ( No.telp, Alamat Admin, Id. Admin, Nama Admin ) Tabel User : (id user, nama_user, notelp_user, alamat_user) 

Field yang dijadikan acuan yang sama adalah kd_User sebagai foreign key pada table Admin 
Hasil join : 


Fungsi dan kebutuhan untuk menampilkan data User 

E. Perbadingan Analisa dengan kelompok pemilik topic 

Analisa yang saya lakukan terhadap kelompok lain yang berjudul Tour & Travel , menghasilkan pengembangan kebutuhan user yang dimana saya menambahkan subtype,Pemabayan atau transaksi secara Online dan Ofline. Didalam fungsi admin pun diberikan kemudahan dalam pengecekan paket yang sebelumnya pada kelompok yang analisa sedikit rumit. 
 
F. Kelebihan Analisa dibandingkan kelompok pemilik topic 

– Pada kebutuhan user yang saya analisa dari kelompok lain, ada penambahan dalam transaksi pembayaran yaitu secara Online dan Ofline 
– Admin lebih mudah dalam pengecekan paket yang telah dipesan oleh user 

G. Saran, usulan dan score untuk kelompok pemilik topic 

Saran saya sebagai kelompok pemilik topic yang saya analisa, agar lebih memahami dan lebih menganalisa secara real agar kebutuhan user lebih dipenuhi dan systemnya pun lebih mudah digunakan oleh admin. Score yang saya berikan pada kelompok pemilik topic adalah 75, karena hasil yang dikerjakan oleh pemilik topic sudah bagus. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar